Daftar Blog Saya

Mengenai Saya

Jumat, 07 Maret 2014

SOAL PRAKTEK UTS BAHASA INDONESIA KELAS 5 SEMESTER 2



SOAL PRAKTEK UTS BAHASA INDONESIA
KELAS 5 SEMESTER 2
SK           : 7. Membaca

1.       Bacalah teks berikut kemudian jawablah pertanyaannya!
Teks 1
Sawah Modern di Bawah Gedung

Pasona O2 adalah nama sebuah usaha pertanian yng terkenal karenan keunikannya. Pasona O2 adalah perusahaan pertanian pertama di Jepang yang membuat sawah di bawah tanah. Pasona O2 terletak di bawah Gedung Otemachi Nomura. Gedung ini bertingkat 27 lantai ke atas dan 5 lantai ke bawah. Pasona O2 ini terletak di lantai 2 bawah tanah gedung ini. Gedung Otemachi Nomura terletak di tengah kota Tokyo yang padat. Sehari-hari, gedung ini digunakan sebagai kantor asuransi jiwa dan Bank Resona. Siapa sangka ada sawah di tengah kota Tokyo, ya?
Kalau ada sawah di dalam gedung,bagaimana dengan tanahnya? Bagaimana dengan sinar mataharinya? Tanaman, memerlukan tanah dan sinar matahari? Pasona O2 tidak menggunakan media tanah untuk bercocok tanam. Ia menggunakan cara hidroponik atau media air. Penerangannya menggunakan lampu pijar. Lampu ini dipantulkan menyebar ke seluruh ruangan. Ia dipantulkan menggunakan kertas perak aluminium yang ditempelkan di dinding ruangan. Lampu yang digunakan adalah lampu
khusus. Cahaya, air, dan kelembapan udaranya, semua diatur dengan
komputer. Semua tanaman di sini bebas pestisida. Pupuk dan karbondioksida yang dibutuhkan untuk memasak makanan diberikan dengan cara disemprotkan. Cara ini dilakukan untuk mencegah masuknya kuman dan agar tanaman bisa tumbuh lebih sehat.
Ada sekitar 100 jenis tanaman yang ditanam di Pasona O2. Ada aneka bunga, tomat, selada, dan ... padi! Luas lahan Pasona O2 adalah 1.000 meter persegi. Ia terbagi dalam enam ruangan. Pertanian ini diurus oleh tiga orang petani. Merekalah yang memastikan tanaman di sini sehat dan bisa dipanen tepat waktu. Hasil panen padi dan sayuran di Pasona O2 ini nantinya digunakan untuk restoran di Gedung Otemachi Nomura itu juga.
Tomat dan sayuran yang dihasilkan pertanian di basement ini tak jauh beda dengan hasil pertanian biasa. Rasanya oishii. . . (lezat).
Pasona O2 dibuat sebagai alat kampanye untuk orang-orang yang sedang mencari pekerjaan. Biar mereka mulai memikirkan bisnis pertanian. Biar mereka tahu bahwa menjadi petani pun bisa keren. Bertani bukan pekerjaan kuno dan remeh, tapi bisa juga modern. Tidak kalah menariknya dengan kerja kantoran. ”Negeri kami perlu lebih banyak petani. Jadi, kami buka lahan pertanian di tengah kota ini agar banyak orang bisa merasakan manfaatnya. Agar mereka juga bisa belajar tentang pertanian,” begitu kata Pak Keisuke Nemoto, juru bicara Pasona O2. Lebih dari seratus orang mengunjungi pertanian ini setiap hari. Ada yang hanya melihat-lihat. Ada juga yang datang ingin meneliti kualitas hasil panenan di basement ini. Rencananya, pengelola Pasona O2 akan membuka lebih banyak lagi pertanian seperti ini. ”Menyenangkan sekali melihat orang-orang tertarik memahami pertanian,” kata Pak Nemoto. Apakah teman-teman tertarik juga?
Sumber: Indra T. dalam Majalah Bobo Tahun XXXIII, 23 Februari 2006

Teks 2
Peningkatan Produksi Makanan Utama

Sebagaimana kita ketahui, Indonesia dengan penduduk lebih dari 200 juta penduduk harus dihidupi dengan makan utama. Apakah beras saja? Tidak hanya beras, jagung dan sagu pun menjadi makanan utama penduduk kita. Mengapa makanan utama penduduk Indonesia itu bervariasi? Ini dapat dijawab sebagai berikut. Sebagaimana kita ketahui kepulauan Indonesia itu berstrukturkan lahan yang berlainan. Daerah Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi, misalnya sangat banyak air dan mempunyai dataran rendah yang luas. Di sini dimungkinkan untuk bercocok tanam padi. Tidak demikian dengan daerah Madura dan Nusa Tenggara Timur. Di daerah ini yang cocok ditanam ialah jagung karena penanaman jagung tidak bergantung pada air yang banyak. Sagu, seperti di Papua dan Maluku, banyak tumbuh di daerah itu, baik secara alam maupun secara mekanis. Daerahnya berbukit-bukit dan hampir-hampir tidak dapat dialiri. Tuhan telah menentukan demikian agar hambanya tidak kelaparan. Tinggal kita bagaimana memanfatkan kondisi alam itu guna mencukupi makanan utama kita.
Sumber: Lancar Berbahasa Indonesia 5a, Grasindo halaman 99
a.       Sebutkan persamaan-persamaan dari kedua teks di atas. Sertakan juga alasanmu!
b.      Sebutkan perbedaan kedua teks di atas dan jelaskan!
c.       Apa garis besar isi dari kedua teks tersebut? Jelaskan jawabanmu disertai bukti pendukung dari teks!
d.      Apakah tema dari kedua teks tersebut sama? Jelaskan jawabanmu!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

semoga bermanfaat