SOAL PRAKTEK UTS
BAHASA INDONESIA
KELAS 5 SEMESTER
2
SK : 7. Membaca
1.
Bacalah teks berikut kemudian jawablah pertanyaannya!
Teks 1
Sawah Modern di Bawah Gedung
Pasona O2 adalah nama sebuah usaha pertanian yng terkenal karenan
keunikannya. Pasona O2 adalah perusahaan pertanian pertama di Jepang yang
membuat sawah di bawah tanah. Pasona O2 terletak di bawah Gedung Otemachi
Nomura. Gedung ini bertingkat 27 lantai ke atas dan 5 lantai ke bawah. Pasona
O2 ini terletak di lantai 2 bawah tanah gedung ini. Gedung Otemachi Nomura
terletak di tengah kota Tokyo yang padat. Sehari-hari, gedung ini digunakan
sebagai kantor asuransi jiwa dan Bank Resona. Siapa sangka ada sawah di tengah
kota Tokyo, ya?
Kalau ada sawah di dalam gedung,bagaimana dengan tanahnya? Bagaimana dengan
sinar mataharinya? Tanaman, memerlukan tanah dan sinar matahari? Pasona O2
tidak menggunakan media tanah untuk bercocok tanam. Ia menggunakan cara
hidroponik atau media air. Penerangannya menggunakan lampu pijar. Lampu ini
dipantulkan menyebar ke seluruh ruangan. Ia dipantulkan menggunakan kertas
perak aluminium yang ditempelkan di dinding ruangan. Lampu yang digunakan
adalah lampu
khusus. Cahaya,
air, dan kelembapan udaranya, semua diatur dengan
komputer. Semua tanaman di sini bebas pestisida.
Pupuk dan karbondioksida yang dibutuhkan
untuk memasak makanan diberikan dengan cara
disemprotkan. Cara ini dilakukan untuk mencegah masuknya kuman dan agar tanaman bisa tumbuh
lebih sehat.
Ada
sekitar 100 jenis tanaman yang ditanam di Pasona O2. Ada aneka bunga, tomat, selada, dan ... padi! Luas lahan
Pasona O2 adalah 1.000 meter persegi. Ia terbagi
dalam enam ruangan. Pertanian ini diurus oleh tiga
orang petani. Merekalah yang memastikan tanaman di sini sehat dan bisa dipanen tepat waktu. Hasil
panen padi dan sayuran di Pasona O2 ini nantinya
digunakan untuk restoran di Gedung Otemachi Nomura itu juga.
Tomat dan sayuran yang
dihasilkan pertanian di basement ini
tak jauh beda dengan hasil pertanian
biasa. Rasanya oishii. . . (lezat).
Pasona
O2 dibuat sebagai alat kampanye untuk orang-orang yang sedang mencari pekerjaan. Biar
mereka mulai memikirkan bisnis pertanian. Biar
mereka tahu bahwa menjadi petani pun bisa keren. Bertani bukan pekerjaan kuno dan remeh, tapi
bisa juga modern. Tidak kalah menariknya dengan
kerja kantoran. ”Negeri kami perlu lebih banyak petani. Jadi, kami buka lahan pertanian di tengah
kota ini agar banyak orang bisa merasakan manfaatnya.
Agar mereka juga bisa belajar tentang pertanian,” begitu kata Pak Keisuke Nemoto, juru bicara
Pasona O2. Lebih dari seratus orang mengunjungi
pertanian ini setiap hari. Ada yang hanya melihat-lihat. Ada juga yang datang ingin meneliti
kualitas hasil panenan di basement ini. Rencananya, pengelola Pasona O2
akan membuka lebih banyak lagi pertanian
seperti ini. ”Menyenangkan sekali melihat orang-orang tertarik memahami pertanian,” kata Pak
Nemoto. Apakah teman-teman tertarik juga?
Sumber: Indra
T. dalam Majalah Bobo Tahun XXXIII, 23 Februari
2006
Teks 2
Peningkatan Produksi Makanan Utama
Sebagaimana
kita ketahui, Indonesia dengan penduduk lebih dari 200 juta penduduk harus dihidupi
dengan makan utama. Apakah beras saja? Tidak
hanya beras, jagung dan sagu pun menjadi makanan utama penduduk kita. Mengapa makanan utama
penduduk Indonesia itu bervariasi? Ini dapat dijawab
sebagai berikut. Sebagaimana kita ketahui kepulauan Indonesia itu berstrukturkan lahan yang
berlainan. Daerah Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan
Sulawesi, misalnya sangat banyak air dan mempunyai dataran rendah yang luas. Di sini dimungkinkan
untuk bercocok tanam padi. Tidak demikian dengan
daerah Madura dan Nusa Tenggara Timur. Di daerah ini yang cocok ditanam ialah jagung karena
penanaman jagung tidak bergantung pada air yang
banyak. Sagu, seperti di Papua dan Maluku, banyak tumbuh di daerah itu, baik secara alam maupun
secara mekanis. Daerahnya berbukit-bukit dan
hampir-hampir tidak dapat dialiri. Tuhan telah menentukan demikian agar hambanya tidak kelaparan.
Tinggal kita bagaimana memanfatkan kondisi
alam itu guna mencukupi makanan utama kita.
Sumber: Lancar Berbahasa
Indonesia 5a, Grasindo halaman 99
a.
Sebutkan
persamaan-persamaan dari kedua teks di atas. Sertakan juga alasanmu!
b.
Sebutkan
perbedaan kedua teks di atas dan jelaskan!
c.
Apa garis
besar isi dari kedua teks tersebut? Jelaskan jawabanmu disertai bukti pendukung
dari teks!
d.
Apakah tema
dari kedua teks tersebut sama? Jelaskan jawabanmu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
semoga bermanfaat